| Pendidikan di Indonesia Sumber: esensi.tv |
Kita sudah masuk pada pembelajaran topik 6 mata kuliah Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan Indonesia yang membahasa terkait Isu-isu Penyelenggaraan Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah dalam Perspektif Sosial, Budaya, Ekonomi, dan Politik. Hal ini dapat memberikan pemahaman bahwa pendidikan dan pembelajaran di Indonesia masih memerlukan perhatian dan pendidik diharapkan responsif terhadap keadaan dan sumber daya pendukung pembelajaran peserta didik.
Adapun hasil refleksi setelah mempelajari Topik 6. Isu-isu Penyelenggaraan Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah dalam Perspektif Sosial, Budaya, Ekonomi, dan Politik yaitu sebagai berikut.
Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?
Sebelum
memulai pembelajaran pada topik ini, hal yang saya pikirkan adalah bagaimana
saya dapat mempelajari tentang penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran yang
massih belum merata di seluruh Indonesia. Hal tersebut dikarenakan masih banyak terjadi kesenjangan dari segi sosial, budaya, ekonomi, dan politik. Selain itu, saya juga memikirkan mengenai solusi sebagai
seorang pendidik untuk dapat menjawab dan menghadapi isu-isu yang terjadi baik
dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi, maupun politik.
Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?
Pada topik pembahasan ini, hal yang saya pelajari yaitu mengenai isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik. Topik ini sangat penting untuk dipahami terkait dengan isu-isu yang terjadi di lingkungan sekitar, serta bagaimana faktor tersebut dapat mempengaruhi pendidikan yang ada di Indonesia. Isu-isu berbeda yang dihadapi pendidik dipengaruhi oleh latar belakang peserta didik yang berbeda-beda. Guru dituntut untuk dapat melakukan kegiatan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dengan memperhatikan atau menggunakan contoh-contoh isu tersebut ke dalam proses pembelajaran. Hal ini secara tidak langsung dapat menjadikan peserta didik terlibat aktif dalam proses penyelesaian masalah. Guru penting memperhatikan kondisi sosial, budaya, ekonomi, dan menyesuaikan pendidikan dengan kebijakan atau kurikulum yang belaku. Melalui memperhatikan hal tesebut guru dapat memberikan dukungan belajar yang sesuai dan dapat mengatasi hambatan belajar yang dialami peserta didik.
Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?
Pada ruang kolaborasi, saya bersama rekan-rekan mahasiswa lainnya belajar mengenai berbagai macam pandangan terkait dengan isu-isu pengelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik yang mempengaruhi proses pendidikan serta pembelajaran. Menurut kelompok kami, isu-isu tersebut tentunya sangat penting untuk dikaitkan dalam konteks pendidikan dan pembelajaran. Contohnya, faktor sosial dan budaya dapat mempengaruhi nilai dan norma yang diterapkan di dalam kelas, sedangkan dalam faktor ekonomi dapat mempengaruhi akses siswa terhadap sumber daya dan fasilitas dalam pendidikan. Oleh karena itu, sangat penting bagi guru dalam menerapkan faktor-faktor tersebut dalam merancang proses pembelajaran yang efektif dan sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa. Kelompok kami yakin bahwa kesiapan mengajar dengan memperhatikan isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah pada perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik sangat penting untuk dapat memberikan pembelajaran yang bermakna bagi peserta didik dan menjadikan peserta didik terampil dalam memecahkan masalah. Kelompok kami juga memastikan bahwa metode dalam pengajaran yang diterapkan juga dapat memahami suatu kondisi ekonomi pada siswa, dengan cara selalu memberikan motivasi kepada siswa untuk tetap semangat dalam menuntun ilmu.
Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?
Pada demonstrasi kontekstual, saya mempelajari mengenai isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dalam perpsektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam pendidikan di Indonesia. Melalui hal ini saya dapat mengetahui bahwa guru tidak hanya bertugas dalam memberikan materi pembelajaran kepada siswa, namun guru juga dapat berperan sebagai inovator pengadaan pendidikan, serta dapat mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya dalam kesadaran pendidikan. Pada demonstrasi ini juga terdapat sesi presentasi yang menjadi momen untuk dapat saling bertukar informasi dan pengalaman serta menyatukan pemikiran terkait dengan materi yang dipelajari.
![]() |
| Demonstrasi Kontekstual Bersama Kelompok Sumber: Dokumen Pribadi |
Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini?
Hal yang sudah saya pahami tentang topik ini yaitu cara menerapkan pemblajaran yang menghargai latar belakang peserta didik dan mengatasi hambatan belajarnya untuk memberikan pembelajaran yang mendukung kemajuannya. Selain itu, saya juga dapat menghubungkan dan merangkum isu-isu terkait sosial, budaya, ekonomi, dan politik untuk dapat menerapkan pendekatan, strategi, metode, dan teknik yang tepat dalam pembelajaran.
Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai ?
Hal baru yang saya pahami yaitu hubungan antara sosial, budaya, ekonomi, dan politik terhadap keberlangsungan pendidikan. Isu-isu dalam pendidikan dan pembelajaran yang terkait dengan perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dapat menghasilkan keberagaman karakteristik peserta didik, sehingga mempengaruhi metode atau strategi pembelajaran. Penggunaan metode dan strategi tersebut tentunya juga terdapat tantangannya. Oleh karena itu, terdapat langkah yang dapat dilakukan yaitu melakukan kegiatan observasi peserta didik, melakukan kegiatan diskusi, dan menambah referensi pembelajaran dalam menentukan solusi yang tepat mengatasi suatu permasalahan.
Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut?
Hal
yang ingin saya pelajari lebih lanjut yaitu cara tenaga
pendidik mengatasi hambatan peserta didik serta mempersiapkan peserta didik menjadi individu yang
terampil mengatasi isu-isu lingkungan sekitar terkait perspektif sosial, budaya,
ekonomi, dan politik.
Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain?
Hal yang saya pelajari dari koneksi antar materi yaitu mengetahui hubungan antara isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dengan konsep yang sudah saya pelajari sebelumnya yaitu berkaitan dengan perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam pembelajaran serta pembelajaran pada Zone of Proximal Development (ZPD). Selain itu, saya juga dapat mengetahui bahwa pembelajaran pada topik ini berkaitan pula dengan mata kuliah lain seperti Filosofi Pendidikan Indonesia, Pemahaman Tentang Peserta Didik dan Pembelajarannya, Prinsip Pengajaran dan Asesmen, serta Projek Kepemimpinan. Hal tersebut dikarenakan konsep pada mata kuliah tersebut dapat memberikan pemahaman mengenai isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik serta cara mengatasi isu-isu tersebut.
![]() |
| Hasil Koneksi Antar Materi Sumber: Dokumen Pribadi |
Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru?
Manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan saya sebagai guru yaitu dapat memahami karakteristik peserta didik. Memahami karakteristik peserta didik ini dapat saya lakukan dengan melakukan kegiatan observasi secara langsung ataupun melalui asesmen awal baik asesmen kognitif ataupun non kognitif. Pembelajaan ini juga memberikan manfaat bagi saya untuk dapat menerapkan pendidikan yang inklusif. Sebagai guru dapat menerapkan pendekatan pembelajaran yang inklusif dengan selalu memperhatikan keragaman sosial, budaya, politik, ekonomi peserta didik, sehingga setiap individu peserta didik merasa dihargai dan termotivasi dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu, manfaat mempelajari topik ini yaitu dapat mengetahui cara mengintegrasikan isu-isu sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam kegiatan pembelajaran.
| Pembelajaran yang Memperhatikan Perspektif Sosial, Budaya, Ekonomi, dan Politik Sumber: Dokumen Pribadi |
Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya?
Saya menilai kesiapan saya saat ini dengan skor 8 dari 10. Hal tersebut dikarenakan saya menyadari perlunya pemahaman yang lebih mendalam untuk dapat memahami dan menerapkan pembelajaran sesuai isu-isu perspektf sosial, budaya, ekonomi, dan politik. Walaupun sebelumnya saya sudah mempelajari hal tersebut, namun saya masih perlu memperkaya pengetahuan dan keterampilan saya mengajar dengan memperhatikan perspektif tersebut. Hal ini perlu dilakukan agar dapat membantu saya dalam menciptakan lingkungan belajar yang mendukung peserta didik.
Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal?
Hal
yang perlu saya persiapkan lebih lanjut untuk dapat menerapkannya dengan optimal yaitu merencanakan untuk
mendalami lebih lanjut terkait dengan isu-isu sosial, budaya,
ekonomi, dan polittik dengan menambah relasi, literasi, dan pengalaman yang
lainnya.
.png)
.png)






0 komentar:
Posting Komentar