| Pembelajaran Sesuai Kemampuan Peserta Didik Sumber: Dokumen Pribadi |
Adapun hasil refleksi setelah mempelajari Topik 5. Pendekatan, Strategi, Metode, dan Teknik Pembelajaran yang Diterapkan sebagai Scaffolding pada ZPD yaitu sebagai berikut.
Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?
Sebelum memulai pembelajaran pada topik ini, hal yang saya pikirkan adalah bagaimana konsep Zone of Proximal Development (ZPD) ini dapat mempengaruhi pemahaman peserta didik selama proses pembelajaran, serta cara tenaga pendidik menyessuaikan penggunaan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran sesuai konsep Zone of Proximal Development (ZPD).
Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda
pelajari dari topik ini?
Hal yang dapat saya pelajari dari konsep pada topik ini yaitu mengenai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang diterapkan sebagai Scaffolding pada Zone of Proximal Development (ZPD). Setiap peserta didik tentunya memiliki karakteritik dan sifat yang berbeda-beda. Selain karakteristik, gaya belajar, motivasssi belajar, dan kebutuhan belajarnya juga berbeda-beda. Hal tersebut berhubungan dengan kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik dalam menerima materi pembelajaran. Kemampuan yang berbeda-beda tersebut juga dapat dikatakan sebagai setiap individu memiliki tingkat ZPD yang berbeda. Pendekatan untuk menunjang ZPD tersebut dinamakan Scafolding atau bimbingan bantuan yang diberikan secara bertahap dan dilakukan oleh guru atau rekan sebayanya yang lebih mahir. Selain diberikan bimbingan, guru juga harus menyesuaikan dengan strategi, model, dan teknik pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan ZPD siswa. Hal ini bertujuan agar peserta didik mencapai kompetensi maksimalnya.
| Ilustrasi Konsep ZPD dan Scaffolding Sumber: https://www.simplypsychology.org |
Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama
dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?
Pada ruang kolaborasi, saya bersama rekan-rekan mahasiswa lain belajar mengenai pandangan menerapkan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran sebagai Scafolding pada ZPD. Pada kegiatan ini dapat saling bertukar informasi mengenai persamaan dan perbedaan pandangan diantara rekan mahasiswa. Hal ini dapat menyadarkan bahwa Scaffolding penting diterapkan dalam kegiatan pembelajaran yaitu membimbing peserta didik sesuai kesulitan belajar yang dialaminya dan mengurangi bimbingan tersebut apabila peserta didik sudah mampu atau dapat belajar secara mandiri.
Apa hal penting yang Anda pelajari dari
proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang
materi, rekan, dan diri sendiri)?
Hal yang saya pahami dari kegiatan demonstrasi kontekstual yang dilakukan baik diri sendiri ataupun dari rekan-rekan ketika berdiskusi mengenai topik pembahasan ini yaitu penerapan Scafolding untuk meningkatkan ZPD peserta didik sangat penting dilakukan. Tenaga pendidik hendaknya mengetahui pendekatan, metode, strategi, dan teknik yang harus dilakukan untuk menunjang kegiatan Scafolding tersebut. Memberikan bantuan kepada peserta didik tidak semestinya terus dilakukan, namun secara bertahap sesuai dengan kemampuan dan pemahaman peserta didik, sehingga mampu menjadikan peserta didik berpikir kritis.
![]() |
| Demonstrasi Kontekstual Bersama Kelompok Sumber: Dokumen Pribadi |
Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini?
Hal yang sudah saya pahami tentang topik ini yaitu cara menerapkan pendekatan, metode, stratergi, dan teknik pembelajaran sebagai Scaffolding pada ZPD yang mempengaruhi proses pendidikan serta pembelajaran. Selain itu, saya juga lebih memahami persiapan yang hendak saya lakukan sebelum melaksanakan pembelajaran sebagai Scaffolding pada ZPD.
Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai?
Hal yang berubah dari pemahaman saya di awal yaitu guru tidak hanya harus mengetahui karakteristik peserta didik, namun guru juga harus mengetahui seberapa jauh pemahaman dan kebutuhan siswanya selama proses pembelajaran. Pada saat proses pembelajaran guru tidak hanya memberikan materi pembelajaran saja, namun juga menjadi fasilitator yang dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih bermakna kepada peserta didik. Semua pertimbangan tersebut mengharuskan guru menentukan pendekatan, metode, strategi, dan teknik pembelajaran yang tepat untuk peningkatan ZPD peserta didik.
Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut?
Hal yang ingin saya pelajari lebih lanjut yaitu cara menerapkan teknologi sebagai alat Scaffolding untuk dapat mendukung peserta didik dalam mencapai
tujuan pembelajarannya sesuai dengan ZPD mereka masing-masing. Selai itu, saya juga ingin mempelajari cara memastikan seluruh peserta didik sudah mendapatkan
dukungan yang sesuai dengan ZPD mereka.
Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain?
Pembelajaran pada topik ini memiliki keterkaitan dengan mata kuliah yang lain seperti Pemahaman Tentang Peserta Didik dan Pembelajaran serta Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Topik ini juga berkaitan dengan konsep sosial, budaya, ekonomi, dan politik yang telah dipelajari sebelumnya. Pembelajaran pada topik ini dapat membantu saya dalam menyusun rancangan pembelajaran dan asesmen yang sesuai
dengan karakteristik, kemampuan, dan kebutuhan belajar peserta didik.
![]() |
| Hasil Koneksi Antar Materi Sumber: Dokumen Pribadi |
Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru?
Manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan saya sebagai guru yaitu dapat mengetahui cara mengenali karakteristik peserta didik sebelum menyusun rancangan pembelajaran dan asesmen. Selain itu, sebagai guru tentunya harus menjadi fasilitator bagi peserta didik dan membimbing peserta didik agar dapat memiliki karakter yang baik serta mampu dalam mencapai tujuan pembelajaran.
| Dukungan Belajar Kepada Peserta Didik Sumber: Dokumen Pribadi |
Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya?
Saya menilai kesiapan saya saat ini dengan skor 8. Hal tersebut dikarenakan saya sudah memahami lebih dalam terkait pentingnya melaksanakan pembelajaran dan aesmen yang dapat menunjang peserta didik untuk memahami suatu materi pembelajaran sesuai dengan ZPD peserta didik. Namun, saya masih perlu belajar lagi untuk dapat menerapkannya secara maksimal.
Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal?
Hal yang perlu saya persiapkan lebih lanjut
yaitu melakukan pemetaan ZPD peserta didik serta menentukan pendekatan, metode, strategi, dan teknik pembelajaran sebagai Scafolding sesuai ZPD peserta didik. Selain
itu, saya juga harus mencari pengalaman dan bertukar informasi dengan
rekan-rekan sejawat, guru, kepala sekolah, dan pihak-pihak lainnya agar saya
memiliki pengetahuan yang lebih luas terkait dengan penerapan atau penggunaan Scaffolding pada ZPD untuk peserta didik
di kelas.
.png)
.png)






0 komentar:
Posting Komentar