![]() |
| Pembelajaran dengan Memperhatikan Perspektif Sosial, Budaya, Ekonomi, dan Politik Peserta Didik Sumber: Dokumen Pribadi |
Berikut hasil refleksi setelah mempelajari Topik 3 Perspektif Sosial, Budaya, Ekonomi, dan Politik dalam Pembelajaran.
Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?
Sebelum memulai roses pembelajaran, hal yang saya pikirkan yaitu perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik peserta didik mempengaruhi karakteristik peserta didik di dalam kelas. Namun, saya belum begitu memahami cara atau metode mengajar di kelas yang sesuai dengan karakteristik peserta didik tersebut agar maksimal dapat meningkatkan kemampuannya. Dalam pembelajaran sebelumnya saya juga lebih berfokus pada pemahaman konsep dalam pembelajaran tanpa mementingkan interaksi sosial yang terjadi di dalam kelas.
Apa yang Anda
pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?
Hal yang saya pelajari dari konsep pada topik ini yaitu mengenai hubungan sosial sekolah untuk pelajar berpenghasilan rendah dengan memperhatikan cara-cara teori sosiokultural. Selain itu, pada topik ini saya juga mempelajari tentang teori Vygotsky dan kelas, kerangka kerja untuk pemeriksaan kelas sosial di sekolah, serta studi etnografi tentang perbedaan kelas sosial di sekolah yang mempengaruhi proses pembelajaran. Melalui konsep ini saya dapat memahami bahwa interaksi atauaktivitas sosial antara orang dewasa dan anak sangat mempengaruhi peserta didik dalam pembelajaran. Hal ini menjadikan saya mengetahui bahwa penting menciptakan hubungan sosial yang baik antara guru dengan peserta didik ataupun peserta didik dengan peserta didik lainnya agar tercipta pembelajaran yang efektif. Guru juga penting menghargai hal-hal yang ada hubungannya dengan perspektif sosial, ekonomi, budaya, dan politik, serta membantu menciptakan iklim sekolah yang inklusif agar semua kebutuhan peserta didik dapat terakomodasi.
Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?
Hal yang saya pelajari lebih lanjut dalam ruang kolaborasi yaitu mengetahui pandangan mengenai perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam pembelajaran yang mempengaruhi proses pendidikan. Selain itu, dapat pula mengetahui kesiapan anggota kelompok dalam memberikan pembelajaran dengan memperhatikan sosial, budaya, ekonomi, dan politik peserta didik. Melalui hal ini dapat memperkaya pemahaman saya mengenai strategi atau cara mengajar yang memperhatikan perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik peserta didik. Hal ini menjadikan saya untuk adaptif dan reponsif terhadap kebutuhan peserta didik dalam pembelajaran. Selain itu, dapat pula mendorong diri untuk kreatif dan inovatif dalam menciptakan pembelajaran agar dapat memberikan pembelajaran yang inklusif dan bermakna bagi peserta didik.
Apa hal
penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani
bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?
Pada demonstrasi kontekstual dilakukan presentasi mengenai hal-hal yang sudah didiskusikan pada ruang kolaborasi. Hal penting yang saya pelajari dari proses ini yaitu dapat mengetahui sudut pandang sebagai guru dalam menerapkan pendekatan, strategi, metode, ataupun teknik pembelajaran yang memperhatikan pespektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam pembelajaran. Melalui diskusi dengan rekan mahasiswa lainnya dapat pula berbagi dan menyelesaikan permasalahan yang dialami terkait dengan perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik yang ditemui di lapangan. Hal ini dapat memberikan pemahaman praktis nantinya menerapkan pembelajaran di kelas.
Sejauh ini,
apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini?
Hal yang
sudah saya pahami mengenai topik ini yaitu perspektif sosial, budaya, ekonomi,
dan politik yang dimiliki oleh peserta didik sangat mempengaruhi proses
pembelajaran. Teori sosiokultural dalam belajar akan memberikan pertimbangan yang lebih besar untuk konsepsi sosial
peserta didik dan hubungan belajarnya. Hal ini menjadikan guru harus dapat merancang pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik
peserta didik.
Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai ?
Hal baru yang
saya pahami yaitu dapat memahami bahwa karakteristik dan latar belakang sosiokultural peserta didik dapat memudahkan menentukan
pendekatan, metode, strategi, dan teknik pembelajaran yang sesuai dalam
merancang maupun melaksanakan pembelajaran. Selain itu, dapat pula mengetahui
pentingnya hubungan interpersonal dalam pembelajaran, yaitu membutuhkan orang
sekitar untuk membantu perkembangan anak. Hal ini dilakukan dengan mengakomodasi
peserta didik serta membangun hubungan yang baik dengan orang tua dan
masyarakat yang menjadi lingkungan sosial peserta didik untuk secara
bersama-sama mendukung pengembangan peserta didik secara holistik.
Apa yang
ingin Anda pelajari lebih lanjut?
Hal yang ingin saya pelajari lebih lanjut yaitu bagaimana cara guru untuk benar-benar dapat mengetahui kondisi peserta didik? serta bagaimana cara mengetahui latar belakang peserta didik dengan karakteristik peserta didik yang cenderung menutp diri/tidak dapat terbuka dengan orang lain?
Apa yang Anda
pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun
dengan mata kuliah lain?
Hal yang saya pelajari dari koneksi antar materi yaitu dapat mengetahui bahwa konsep perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik berkaitan dengan konsep pembelajaran pada mata kuliah lainnya. Perspektif sosikultural dalam pendidikan sangat berkaitan dengan materi identitas manusia Indonesia, dimana memahami kondisi sosial, budaya, ekonomi, dan politik peserta didik sama halnya dengan mempelajari identitas manusia Indonesia. Selain itu, berkaitan pula dengan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) dan pembelajaran berdiferensiasi atau Developmentaly Appropriate Practice (DAP), dimana guru harus memperhatikan budaya peserta didik dalam pembelajaran serta menciptakan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik dengan pembelajaran berdiferensiasi. Hal ini akan menjadikan peserta didik belajar secara aman dan nyaman serta materi pembelajaran mudah diterima oleh peserta didik.
Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru?
Manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan saya sebagai guru yaitu meningkatkan pemahaman mengenai kondisi sosial, budaya, ekonomi, dan politik, serta karateristik peserta dik yang nantinya dapat membantu saya menerapkan pembelajaran yang responsif dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Selain itu, saya juga memperoleh pertimbangan dalam menerapkan pendekatan, strategi, metode, ataupun teknik pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
Bagaimana
Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya?
Saya menilai
kesiapan saya saat ini dengan skor 8. Hal
ini dikarenakan saya sudah memahami materi yang dipelajari pada topik ini serta
memperoleh pemahaman baru yang nantinya dapat saya jadikan landasan menerapkan
pembelajaran yang sesuai. Saya akan menyesuaikan pendekatan, strategi, metode,
ataupun teknik pembelajaran yang saya gunakan untuk dapat memberikan
pembelajaran yang inklusif. Selain itu, materi pembelajaran juga akan saya
kaitkan dengan budaya dan pengalaman peserta didik untuk memudahkan memberikan
pemahaman materi. Namun, di sisi lain saya juga harus terus belajar untuk dapat mendalami perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam pembelajaran.
Apa yang
perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal?
Hal yang perlu saya persiapkan lebih lanjut untuk dapat menerapkannya dengan optimal yaitu memahami lebih dalam kondisi dan karakteristik peserta didik, mempelajari penggunaan pendekatan, metode, strategi, dan teknik pembelajaran yang sesuai, serta melatih dalam manajemen sosial atau menempatkan diri di hadapan peserta didik agar dapat menjadi role model yang baik bagi peserta didik.







0 komentar:
Posting Komentar